Mengkhawatirkan Esok - Yoga Firdaus

Friday, February 21, 2020

Mengkhawatirkan Esok

Hari esok yang selalu menjadi dambaan untuk kehidupan yang lebih baik.
Di dalam hidup ini, terkadang kita memang perlu untuk memikirkan apa yang terjadi selanjutnya. Dengan memikirkannya, kita mempunyai kekuatan untuk bisa mempersiapkan segala hal untuk kedepannya. Semisal, tanpa disadari, kita pun berangan-angan dan selalu memikirkan kehidupan apa yang terjadi di hari esok.
Setiap dari kita pasti mempunyai keinginan. Baik berupa cita-cita, harapan dan lain sebagainya. Hal itu yang merangsang kita berangan-angan dan memikirkan kehidupan selanjutnya. Seperti apa kehidupan yang kita alami selanjutnya, apakah lebih baik, atau bahkan lebih buruk dari sebelumnya.
Terkadang, kita sangat antusias dalam membangun kewaspadaan diri kita sendiri terhadap kehidupan selanjutnya, hingga melupakan hal yang terpenting lainnya daripada itu. Di hari esok, di minggu esok, di bulan esok, bahkan di waktu yang lebih jauh lagi untuk kehidupan selanjutnya. Padahal, hal itu pun yang kita tidak sadari menyiksa diri kita.
Mengkhawatirkan hari esok atau yang semacamnya, bisa membuat diri kita rapuh. Hal itu terjadi karena kita sulit untuk menerima kenyataan yang dijalani saat ini, terburu-buru ingin harapan kita terkabul, bahkan sampai diri kita pun lupa akan bersyukur.
Allah Subnahu Wata’ala berfirman:
يُنَادُونَهُمْ أَلَمْ نَكُن مَّعَكُمْ ۖ قَالُوا۟ بَلَىٰ وَلَٰكِنَّكُمْ فَتَنتُمْ أَنفُسَكُمْ وَتَرَبَّصْتُمْ وَٱرْتَبْتُمْ وَغَرَّتْكُمُ ٱلْأَمَانِىُّ حَتَّىٰ جَآءَ أَمْرُ ٱللَّهِ وَغَرَّكُم بِٱللَّهِ ٱلْغَرُورُ ﴿١٤﴾
Artinya: "Orang-orang munafik itu memanggil mereka (orang-orang mukmin) seraya berkata: "Bukankah kami dahulu bersama-sama dengan kamu?" Mereka menjawab: "Benar, tetapi kamu mencelakakan dirimu sendiri dan menunggu (kehancuran kami) dan kamu ragu-ragu serta ditipu oleh angan-angan kosong sehingga datanglah ketetapan Allah; dan kamu telah ditipu terhadap Allah oleh (syaitan) yang amat penipu." (Q.S. al-Hadiid {57}: 14)
Maka dari itu alangkah baiknya kita membuat takaran untuk diri kita sendiri dengan sewajarnya, memikirkan kehidupan selanjutnya dengan sewajarnya saja. Dan berusaha untuk selalu mensyukuri kehidupan yang dijalani saat ini. Jalani kehidupan dengan sebaik mungkin, dengan berdoa yang diiringi dengan usaha yang maksimal. Agar kita pun akhirnya dapat percaya diri akan kehidupan selanjutnya.
Wallahua'lam.

No comments: