Aspek Informatif dan Reformatif Al-Qur'an - Yoga Firdaus

Monday, September 16, 2019

Aspek Informatif dan Reformatif Al-Qur'an

Aspek Informatif dan Reformatif Al-Qur'an
Al-Qur’an adalah mukjizat yang abadi, atau yang sering disebut dengan al-Mu'jizah al-Khawaalidah.
Keberadaan Al-Qur’an itu sendiri yang bersifat elastis, sehingga diakui dan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.
Sejak pertama kali diturunkan kepada Rasulullah, Al-Qur’an ternyata memiliki dua aspek. Yakni yang pertama adalah aspek informatif, dan yang kedua adalah aspek performatif.
Kedua aspek itu senantiasa melebur di dalam kehidupan ini, terkolaborasikan, dan berjalan secara beriringan. Dengan adanya kedua hal tersebut, membuat Al-Qur’an itu sendiri menjadi khalayaknya sesuatu hal yang amazing, karena Al-Qur’an membuktikan keberadaannya yang sangat kompleks di dalam kehidupan ini.
Al-Qur’an itu memang unik, membuat kita pun secara tidak tersadari melakukan segala hal, yang bersifat informatif dan reformatif.
Dengan aspek informatifnya, Al-Qur’an melahirkan kitab-kitab tafsir yang ada, dari masa klasik, hingga masa sekarang ini. Kemudian, dengan aspek performatifnya pun melahirkan perilaku, kebiasaan, tradisi, ritual, dan hal lainnya yang korelatif dengan Al-Qur’an itu sendiri.
Ketika Al-Qur’an menyebar keluar dari tanah Arab, dimana tidak lagi penerima ini adalah orang-orang yang ingin selalu mengikuti dialek atau kebahasaan Arab, maka mereka sebenarnya kesulitan terhadap makna bahasa Arab yang digunakan oleh Al-Qur’an. Tetapi, dengan aspek informatif dan performatif ini mereka merasakan kelonggaran, dan dipermudah, seperti menelaah Al-Qur’an itu sendiri, hingga menghapalkannya.

Wallahu a'lam.

No comments: